Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Mengenang WS Rendra | Mbah Nun

Monday, August 9, 2021 | August 09, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-08-10T04:31:46Z

Mengenang WS Rendra | Mbah Nun

Mengenang WS Rendra | Mbah Nun - Yaya Blog

Hai almarhum yang kita kangen itu dulu

disebut atau dikenal oleh masyarakat

bernama WS Rendra

news1 aslinya willibrordus surendra

Rendra jadi itu nama baptis awal tahun

70-an beliau

ia memeluk agama Islam sehingga WS itu

kemudian menjadi Wahyu Sulaiman

ciri-ciri Rendra itu membayangkan bahwa

ini

yo kenek Wahyu kewahyuan jenis yang

diterima Sulaiman telah yang dia terima

karena Nabi Sulaiman menelan nabi yang

yang Diva delay Allah dengan ilmu

pengetahuan yang sangat tinggi dan

pencapaian-pencapaian rohani yang sangat

tinggi untuk mengenang Rendra ini saya

kira saya termasuk orang yang sangat

merasa kehilangan dan Saya punya

pengalaman batin punya pengalaman

cultural punya pengalaman-pengalaman

pengalaman kehidupan yang luar biasa

yang mendasari Kerinduan saya kepada

tender

Hai jadi saya kenal Rendra itu sekitar

tahun 1974 atau 75 saya lupa persisnya

ya Ketika saya nonton latihan bengkel

teater kemudian saya menyempatkan diri

untuk omong-omong dan semacam wawancara

kemudian malamnya saya tulis persis

seperti

Hai seperti yang diomongkan beliau dalam

wawancara itu kemudian dimuat oleh

sebuah majalah namanya mimbar demokrasi

semacam tabloid sosial-politik di bawah

dari Bandung terus Rendra membaca itu

dia sangat kaget launun kok kok persis

omongan gule memang saya merekamnya tapi

tidak pakai alat rekaman dari saya

mengingat-ingat omongan Renta itu sampai

semua kata dan idealnya sampai susunan

retorikanya itu persis seperti yang dia

omongkan kemarin sore diiket anggungan

itu ditempatnya bengkel teater itu tapi

saya kemudian dikenal dengan tender

secara pribadi dan mencoba mempelajari

menghayati mensyukuri jadi saya nomor

satu mensyukuri semuanya

Hai karena Rendra itu unik karena dia

itu bukan saya dan bukan seperti

siapapun yang lainnya jadi serigala

zaman hanya ada satu Rendra jatuh di

dalam seluruh penciptaan malah itu saya

kira hanya Allah hanya menciptakan satu

Rendra yang kayak gitu itu dengan

racikan kepribadian dengan temperamen

dengan apa-apa ya dengan apa ya

model-model ekspresi dan segala macam

yang memang hanya dan terang seperti itu

Nah sekarang kalau kita mau mengenang

dan memotret beliau kembali itu saya

kira tergantung metodologi dan

terminologi yang kita pakai jadikan

misalnya gampangnya gini Rendra sebagai

penyair

Hai Rendra sebagai dramawan

Hai termasuk aktor teater Rendra sebagai

manusia sebagai kepala rumah tangga

Rendra sebagai Muslim ya dan renda

sebagai satu jenis

hai satu jenis makhluk itu ya itu

terminologia seperti itu jadi

21 Rendra itu orang yang sangat

Hai bersungguh-sungguh Jia sangat

Hai m rooting Kalau bahasa komputer yang

Ruteng jadi dia

Hai menghayati segala sesuatu sampai

keakar-akarnya gitu ya

Hai jadi di akhir kira-kira lima tahun

terakhir hidupnya Mas Willy itu saya

sangat dekat

Hai jadi Mas Willy itu merasa saya itu

sahabatnya Dan saya merasa Dia

sahabatnya bagian saya itu merasa dia

itu adik bungsu saya karena dia sangat

manja kepada saya sangat-sangat banyak

bergantung sesuatu pada saya yang bisa

ceritakan kepada anda adalah kesungguhan

dia di dalam bertauhid

Hai jadi ketika dulu omong-omong pada

saya Mask

di dalam Islam itu Anda berhubungan

langsung dengan Allah tanpa maglev

Hai meskipun anda mungkin perlu belajar

kepada ulama perlu membaca wacana-wacana

dari dari yang bukan Allah ya Bari

tokoh-tokoh Islam mungkin perlu juga

tetapi sesungguhnya kalau sampeyan

bersyahadat kemudian melakukan salat dan

lain sebagainya Itu kan hubungan pribadi

mudengan dengan Allah jadi sekarang

misalnya kalau Anda lihat di YouTube Itu

kan banyak orang di syahadatkan di

Amerika di Eropa gitu ya saya akan agak

kurang cenderung seperti itu Jadi saya

sama sekali tidak pernah mensyahadatkan

masih jadi Tidak kok terus mas Willy

saya bimbing Mas ditirukan ya Asyhadu

asyhadu alla ilaha illallah I'll take

itu saya cuman menjaga lemas bahwa anda

itu mengakui Allah bersumpah

mensyahadatkan ialah dalam hidup

sampeyan itu bisa anda lakukan dengan

mencari tempat yang dan waktu yang

setepat-tepatnya nanti di rumah atau

dimanapun tapi pedomannya adalah bahwa

anda mengakui Allah sebagai

Nda menjadi muslim mengakui Allah dan

Muhammad Rosulullah SAW telah berjaya

Hai terus Pada suatu hari Disini di

Pendopo Kadipiro ini ada Mbak Fia Ada

saya saya menemui Mas Willy ada Navy

Kiai Kanjeng ada Pak Joko Kamto dan 12

orang lain selalu paya itu Mas Willy

tanya kepada saya

hai Neng Neng ngarep teges kalau mau

pakai satu

Hai semuanya tauhid to apa ke tempat

kata Rendra ya

Hai Yuk nyawiji Mas

Hai dan ternyata katanya Wiji tukang

sangat legendaris bagi pengalaman

kultural dan batinnya Rendra jadi begitu

denger katanya Wiji itu dia mak pramben

Terus dia menekan uterus menangis

tersedu-sedu dipangkuan saya disitu

j&t disajikan Joko Kamto nasib ujian

tombak Novia Jati Rendra mengatakan

punya Widya katanya katanya Wiji tukang

sangat rohaniyah dalam kultur Jawa ya

nyawiji itu menyatu dari tauhid itu

menyatukan diri kepada Allah tergantung

konteksnya kalau konteksnya kekuatan ya

yang tidak berdaya

Hai menyatu kepada yang berdaya karena

memang satu-satunya jalan karena tidak

berdaya yang menyatu kepada yang berdaya

Karena manusia tidak berkuasa maka kita

menyatu dengan yang berkuasa jadi ketika

manusia bertauhid kepada Allah itu bukan

persatuan antara dua pihak yang seimbang

tapi berstatus itu menyatunya orang yang

butuh kepada yang dibutuhkan mengerti

orang yang tidak baik kepada yang maha

berdaya lemes terjadi itu Tauhid jadi

Maybelline nangis luar biasa disini

mengguntur dia mengatakan diminum kalau

nggak ada kamu saya tidak mungkin

mengalami keindahan ini

Hai Jadi bagi Mas Willy terjemahan

tauhid menjadi kata nyawiji itu sangat

indah karena mas dulu seorang seniman

jadi dia nomor satu sensornya adalah

sensor keindahan jadi Rendra tuh sangat

peka terhadap keindahan sehingga

hidupnya itu yang hidupnya Rendra dalam

berkeluarga dalam bermasyarakat di dalam

hubungan-hubungan nasional internasional

to Driving nya apa namanya operating

systemnya tuh keindahan

Hai yang saya gelo adalah yang saya gelo

adalah bahwa setelah beliau meninggal

itu kita tidak cukup terorganisir untuk

merumuskan bersama Kenapa gitar Rindu

sama dia apa saja yang kita rindukan

pada Rendra apa saja yang harus kita

junjung kita hormati kita hargai

meskipun pasti ada satu hal yang kita

sesali ada satu hal yang kita kritik

atau kita kecam dan seterusnya tapi tapi

saya kira kita bersama-sama perlu

nyengkuyung setiap program yang

merumuskan Kenapa kita rindu kepada

Rendra

[Musik]

×
Berita Terbaru Update